Oleh: Pengelola Blog Inovasi Pendidikan | Desember 4, 2007

Landasan Teori Inovasi Pendidikan

[Materi ke-4]

Materi perkuliahan kali ini merupakan penjelasan lebih lanjut dari materi perkuliahan yang pertama (Pengantar Inovasi) disarankan untuk membaca materi ini dengan benar, baru memberikan komentar absennya.


Landasan Teori

1. Definisi Inovasi

Inovasi adalah memperkenalkan ide baru, barang baru, pelayanan baru dan cara-cara baru yang lebih bermanfaat. Amabile et al. (1996) mendefinisikan inovasi yang hubungannya dengan kreativitas adalah:

Inovasi atau innovation berasal dari kata to innovate yang mempunyai arti membuat perubahan atau memperkenalkan sesuatu yang baru. Inovasi kadang pula diartikan sebagai penemuan, namun berbeda maknanya dengan penemuan dalam arti discovery atau invention (invensi). Discovery mempunyai makna penemuan sesuatu yang sebenarnya sesuatu itu telah ada sebelumnya, tetapi belum diketahui. Sedangkan invensi adalah penemuan yang benar-benar baru sebagai hasil kegiatan manusia. Prof. Dr. Anna Poejiadi (2001) memberikan penjelasan: Secara harfiah to discover berarti membuka tutup. Artinya sebelum dibuka tutupnya, sesuatu yang ada di dalamnya belum diketahui orang. Sebagai contoh perubahan pandangan dari geosentrisme menjjadi heliosentrisme dalam astronomi. Nicolaus Copernicus memerlukan waktu bertahun-tahun guna melakukan pengamatan dan perhitungan untuk menyatakan bahwa bumi berputar pada porosnya, bahwa bulan berputar mengelilingi matahari dan bumi, bahwa planet-planet lain juga berputar mengelilingi matahari. Kesalahan besar yang ia lakukan adalah bahwa ia yakin semua planet (termasuk bumi dan bulan) mengelilingi matahari dalam bentuk lingkaran. Penemuan ini menggugah Tycho Brahe melakukan pengamatan lebih teliti terhadap gerakan planet. Data pengamatan kemudian membuat Johanes Kepler akhirnya mampu merumuskan hukum-hukum gerak planet yang tepat. Penemuan ketiga tokoh tersebut merupakan ”discovery”. Sedangkan invent yang dalam kamus didefinisikan sebagai menciptakan sesuatu yang baru yang tidak pernah ada sebelumnya. Contoh invention adalah penemuan Thomas Alva Edison (1847-1931), yaitu penemuan perekam suara elektronik, penyempurnaan mesin telegram yang secara otomatis mencetak huruf mesin, mesin piringan hitam, dan pengembangan bola lampu pijar.

Inovasi diartikan penemuan dimaknai sebagai sesuatu yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang baik berupa discovery maupun invensi untuk mencapai tujuan atau untuk memecahkan masalah tertentu. Dalam inovasi tercakup discovery dan invensi.

Kata kunci lainnya dalam pengertian inovasi adalah baru. Santoso S. Hamijoyo dalam Cece Wijaya dkk (1992 : 6) menjabarkan bahwa kata baru diartikan sebagai apa saja yang belum dipahami, diterima atau dilaksanakan oleh si penerima pembaharuan, meskipun mungkin bukan baru lagi bagi orang lain. Akan tetapi, yang lebih penting dari sifatnya yang baru adalah sifat kualitatif yang berbeda dari sebelumnya. Kualitatif berarti bahwa inovasi itu memungkinkan adanya reorganisasi atau pengaturan kembali dalam bidang yang mendapat inovasi.

Kita berada di tengah-tengah samudera hasil inovasi. Ada inovasi: pengetahuan, teknologi, ICT, ekonomi, pendidikan, sosial, dsb. Inovasi dapat dikelompokkan pula atas inovasi besar dan inovasi kecil-kecil namun sangat banyak. Inovasi itu tidak harus mahal. Inovasi itu dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dimana saja. Kalau leluhur kita tidak inovatif, kita semuanya akan tetap tinggal di gua-gua, dalam kegelapan, tanpa busana.

Inovasi dapat menjadi positif atau negatif. Inovasi positif didefinisikan sebagai proses membuat perubahan terhadap sesuatu yang telah mapan dengan memperkenalkan sesuatu yang baru yang memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Inovasi negatif menyebabkan pelanggan enggan untuk memakai produk tersebut karena tidak memiliki nilai tambah, merusak cita rasa dan kepercayaan pelanggan hilang.

Menurut Joseph Schumpeter definisi inovasi dalam ekonomi,1934:
Mengenalkan barang baru dimana para pelanggan belum mengenalnya atau kualitas baru dari sebuah barang;

  1. Mengenalkan metoda produksi baru yang dibutuhkan, ditemukan melalui serangkaian uji coba ilmiah;
  2. Membuka pasar baru, dimana perusahaan sejenis tidak memasukinya, baik pasar tersebut ada atau belum ada ketika perusahaan memasukinya;
  3. Menguasai sumber bahan baku baru untuk industri barang;
  4. Menjalankan organisasi baru, seperti menciptakan monopoli, atau membuka monopoli perusahaan lain.

Dalam OECD, (1995) definisi Inovasi Teknologi adalah: Mengimplementasikan produk dan proses teknologi baru yang dapat meningkatkan pangsa pasar. Penciptaan proses dan produk baru melibatkan penelitian ilmiah, teknologi, organisasi, finansial dan aktifitas periklanan.

Menurut Regis Cabral (1998, 2003) bahwa Inovasi adalah elemen baru yang diperkenalkan dalam jaringan yang dapat mengubah, meskipun hanya sesaat, baik harganya, pelakunya, elemen-nya atau simpul dalam jaringan.
2. Tipe inovasi

Ada 5 tipe inovasi menurut para ahli, yaitu:

  1. Inovasi produk; yang melibatkan pengenalan barang baru, pelayanan baru yang secara substansial meningkat. Melibatkan peningkatan karakteristik fungsi juga, kemampuan teknisi, mudah menggunakannya. Contohnya: telepon genggam, komputer, kendaraan bermotor, dsb;
  2. Inovasi proses; melibatkan implementasi peningkatan kualitas produk yang baru atau pengiriman barangnya;
  3. Inovasi pemasaran; mengembangkan metoda mencari pangsa pasar baru dengan meningkatkan kualitas desain, pengemasan, promosi;
  4. Inovasi organisasi; kreasi organisasi baru, praktek bisnis, cara menjalankan organisasi atau perilaku berorganisasi;
  5. Inovasi model bisnis; mengubah cara berbisnis berdasarkan nilai yang dianut.

Inovasi karakteristiknya ditentukan oleh pasar dan bisnis. Inovasi yang mengikuti kondisi, memungkinkan pasar dapat dijalankan seperti biasanya. Inovasi yang terpisah, dapat mengubah pasar atau produk contohnya penemuan barang murah, tiket pesawat murah. Inovasi inkrementasi (penambah) muncul karena berlangsungnya evolusi dalam berpikir inovasi, penggunaan teknologi yang memperbesar peluang keberhasilan dan mengurangi produk yang tidak sempurna.

Inovasi radikal, mengubah proses manual menjadi proses berbasis teknologi keseluruhannya.

3. Sumber inovasi
Terdapat dua sumber utama inovasi , yaitu:

  1. Secara tradisional, sumbernya adalah inovasi fabrikasi. Hal tersebut karena agen (orang atau bisnis) berinovasi untuk menjual hasil inovasinya.
  2. Inovasi pengguna; hal tersebut dimana agen (orang atau bisnis) mengembangkan inovasi sendiri (pribadi atau di rumahnya sendiri), hal itu dilakukan karena produk yang dipakainya tidak memenuhi apa yang dibutuhkannya.

4. Tujuan Inovasi

Tujuan utama inovasi adalah:

  • meningkatkan kualitas;
  • menciptakan pasar baru;
  • memperluas jangkauan produk;
  • mengurangi biaya tenaga kerja;
  • meningkatkan proses produksi;
  • mengurangi bahan baku;
  • mengurangi kerusakan lingkungan;
  • mengganti produk atau pelayanan;
  • mengurangi konsumsi energi;
  • menyesuaikan diri dengan undang-undang;

5. Kegagalan Inovasi

Hasil survey menunjukkan, bahwa dari 3000 ide tentang sebuah produk, hanya satu yang sukses di pasaran. Kegagalan inovasi mengakibatkan hilangnya sejumlah nilai investasi, menurunkan moral pekerja, meningkatkan sikap sinis, atau penolakan produk serupa dimaa datang. Padahal produk yang gagal seringkali memiliki potensis ebagai ide yang baik, penolakan terjadi karena kurangnya modal, keahlian yang kurang, atau produk tidak sesuai kebutuhan pasar. Kegagalan harus diidentifikasi dan diselesksi ketika proses berlangsung. Penyeleksian dini memungkinkan kita dapat menghindari uji coba ide yang tidak cocok dengan bahan baku, sehingga dapat menghemat biaya produksi.

Penyebab umum gagalnya suatu proses inovasi, dapat disaring kedalam 5 macam, yaitu:
definisi tujuan yang buruk

  1. buruknya mensejajarkan aksi untuk mencapai tujuan;
  2. buruknya partisipasi anggota tim;
  3. buruknya pengawasan produk;
  4. buruknya komunikasi dan akses informasi.

6. Siklus Inovasi

Siklus inovasi berlangsung seperti kurva difusi dimana pada tahap awal, tumbuh relatif lambat, ketika kemudian pelanggan merespon produk tersebut sebagai sebuah kebutuhan maka pertumbuhan produk meningkat secara eksponensial. Pertumbuhan produk akan terus meningkat bila dilakukan inkrenetori inovasi atau mengubah produk. Di akhir kurva pergerakannya melambat kembali dan cenderung menurun.

siklus-inovasi.jpg

Perusahaan yang inovatif akan bekerja dengan cara inovasi baru, yang menggantikan cara lama untuk mempertahankan tumbuhnya kurva melalui pembaharuan teknologi, bila teknologi tidak dilakukan pembaharuan pertumbuhan akan cenderung stagnan atau bahkan menurun.

7. Inovasi Manajemen

Inovasi manajemen adalah inovasi dalam proses pengaturan organisasi. Langkah pertama adalah menghasilkan ide perubahan mengenai produk atau proses. Dalam beberapa kasus ide muncul dari observasi masalah sekarang atau masa depan.Untuk menghasilkan ide bisa melalui pengamatan masalah atau membaca buku, internet, majalah, dan diskusi dengan teman sejawat secara informal.

Bila kita dapat melihat kesempatan untuk mengembangkan sebuah ide, maka hal tersebut dinamakan menghasilkan ide. Proses menghasilkan ide berupa memoles ide yang asli, atau menggabungkan ide, kemudian dilakukan pengujian untuk mengetahui mana yang sesuai dengan tujuan, bahan baku, kebutuhan pengguna, dan tentunya biaya produksi.

Bila kesempatan telah terbuka, maka ide masuk pada tahapan berikut yaitu mengembangkan ide. Proses pengembangan bertumpu pada prototipe ide dan pengujian kebutuhan pasar. Banyak ide baru bermunculan pada fase pengembangan ini sesuai kebutuhan yang berlangsung dinamis dalam masyarakat.

Fase akhir dalam proses inovasi adalah realisasi dan pada banyak kasus dinamakan eksploitasi dimana para pelanggan melakukan evaluasi akhir.

8. Inovasi Sarana dan Prasarana

Inovasi sarana dan prasarana harus mengacu pada mengacu pada tupoksi lembaga dan peraturan perundangan yang berlaku yaitu UUSPN NO. 20 tahun 2003 dan Standar Nasional Pendidikan PP 19 tahun 2005 yang berkaitan dengan kriteria minimal tentang ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasi dan berekreasi, serta sumber belajar lain, yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran (termasuk diklat) termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, bahan habis pakai, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.

9. Restrukturisasi Kelas Berbasis Teknologi

Pembelajaran tidak hanya terpaku pada kegiatan yang lebih dari hanya berbicara dan transfer pengetahuan, seiring dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi dilklat mencari bentuk baru dalam proses pembelajaran anak. Pembelajaran yang dimaksudkan adalah perkembangan teknologi dimasa kini dan mendatang murid butuh untuk persiapan dirinya trutama kaitanyya dengan pengembangan projeck-projeck yang haerus dikerjakan baik secara individual maupun kelompok. Hal ini tentunya mendorong guru untuk lebih bertindak sebagai coaching dari pada hanya sekedar telling dan spending ilmu pengetahuan.

Pemanfaatan teknologi informasi adalah basis dalam pengembangan pembelajaran di dalam kelas, baik dalam pengaturan kelas dengan alat teknologi tersebut (praktek), maupun kelas yang di sett dengan alat teknologi yang memungkinkan anak dapat mempelajari apa yang diinginkannya dengan bantuan alat teknologi tersebut. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa teknologi memberikan dan nenuntut hal-hal berikut :

  1. Menuntut guru melakukan pekerjaan dan alat yang lebih rumit;
  2. Mengarah kepada peran guru sebagai pelatih dari pada sebagai penyalur pengetahuan;
  3. Menyediakan kesempatan kepada guru untuk mempelajarai isi pembelajaran kembali dan menggunakan metode yang tepat berdasarkan kurikulum yang ada.
  4. Dapat memberikan dorongan kepada murid untuk bekerja lebih keras dan lebih berhati-hati dalam belajar;
  5. Membangun budaya nilai dan mutu pekerjaan dalam diklat secara signifikan.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam restrukturisasi kelas dengan basis teknologi
Adalah hal yang penting bagi guru ketika memikirkan bahwa pembelajaran berbasis teknologi tidak hanya terpfokus pada teknologi komputer, walaupun memang pada saat ini komputer adalah salah satu alat yang sedang digemari oleh dilklat dalam mendukung kegiatan anak didilklat walaupun baru sampai pada tarap kegiatan ekstrakurikuler saja. Ada alat lainnya yang juga bisa dimanfaatkan dalam melaksanakan kegaiatan pembelajaran dan tidak hanya sebagai alat Bantu akan tetapi memang sebagai kegiatan belajar yang dijalani oleh siswa, seperti telepon, facsimile, video teknologi, dan lain-lain.
Yang harus dipikirkan dan menjadi bahan pertanyaan bagi guru ketika membuat perencanaan pengajaran dengan berbasiskan teknologi adalah : 1) What general role do these technologies play in the class room?, 2) What are the implications of using technology for me as a teacher?, 3) Will the use of technology help my students learn?, and 4) How do I integrate them into my teaching?

  1. Beberapa hal yang menjadi hal perlu ada dalam teknologi yang kita gunakan adalah :
    Teknologi itu bisa menyediakan informasi
  2. Membangun pengetahuan dan keterampilan murid
  3. Bisa mengakses sumber belajar lainnya.

Guru berkepentingan untuk memilih dan menetukan teknologi yang digunakan terutama kaitannya dengan kepentingan spesifikasi kegiatan belajar yang harus dilakukan oleh siswa dan hasil yang diharapkan. Oleh karena itu hal-hal berikut ini perlu diperhatikan oleh guru :

  1. The depth and quality of the information provide may vary;
  2. Different technologies and their application have direct implication on the number in which the classroom is organized;
  3. Tecnologies differ on cost and amount of integration needed to use them;
  4. Tecnologies vary in the flexibility of use.

Implikasinya bagi guru dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran adalah memperlancar kegiatan dan memudahkan dalam proses pembelajaran karena sebagai berikut :

  1. Menuntut banyak kegiatan dari siswa dan menuntut murid untuk bnyak berhati-hati untuk menyiapkan pekerjaanya
  2. Dapat menyajikan bahan ajar yang komplek
  3. Mempercayai murid dapat memahami konsep-konsep yang berat
  4. Dapat mempertemukan kebutuhan individual murid yang paling baik
  5. Dapat lebih memokuskan pada kegiatan murid sebagai senter dalam proses pembelajaraannya
  6. Membuka lebih luas perbedaan-perbedaan individual dan permasalahan-permasalahan yang muncul dalam pembelajaran
  7. Membuka kesempatan yang lebih luas dalam perbedaan pengalaman belajar bagi murid
  8. Merasa lebih professional, karena diantara alat yang ada dapat mengurangi waktu dalam memberikan instruksi dan lebih kepada membantu anak dalam belajar.

Pertanyaan lainnya bagi guru ketika memulai pembelajaran dengan basis teknologi adalah :

  1. Bagaimana murid mereaksi terhadap teknologi yang dipergunakan dalam belajarnya?
  2. Bagaimana teknologi memberikan dampak terhadap pengetahuan yang akan diberikan kepada murid dan bagaimana murid dapat menangkapnya?
  3. Bagaimana teknolgi dapat merubah ruang dan waktu dalam kegiatan belajar mengajar?
  4. Keterampilan baru apa yang harus dimiliki murid ketika akan memulai berlajar?
  5. Bagaimana teknologi dapat merubah kelas dan hubungan guru dengan murid?
  6. Bagaimana teknolgi memberikan dampak terhadap prestasi di kelas?
  7. Bagaimana teknologi ini berkerja/dijalankan?
  8. Berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan teknologi dalam pembelajaran di kelas?
  9. Apakah teknologi dapat merubah gaya mengajar?
  10. Permasalahan-permasalahan apa yang dapat ditemukan bila memanfaatkan teknologi terutama dalam pengelolaan kelas?

Lingkungan untuk efektivitas Penggunaan Teknologi

Teknologi di dalam kelas membantu memperlancar kegiatan belajar yang harus dilalui oleh murid dan memberikan kemudahan bagi guru dalam proses mentransfer ilmu pengetahuan kepada muridnya. Oleh karena itu lingkungan kelas harus memberikan dukungan kepada kegiatan belajar yang menyenangkan bagi murid dan guru mengajar dengan nyaman pula. Hal esensial yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :

  • Perlengkapan teknologi harus tepat sesuai dengan kebutuhan pembelajaran
  • Akan membutuhkan banyak waktu dan mempelajarinya ketika teknologi masuk dalam program instruksional
  • Unsur-unsur pendukung sangat dibutuhkan seperti, keselamatan, kenyamanan, dan keindahan
  • Tenaga pendukung juga diperlukan ketika penggunaan teknologi lebih komplek.

Pentingnya Guru yang Inovatif dalam Restrukturisai Kelas Berbasis Teknologi

Setiap guru menghendaki muridnya dapat belajar dan sukses dalam belajarnya. Keberhasilan dalam belajar murid akan bergantung kepada usaha-usaha guru memberikan arahan dan memberikan bantuan dalam kegiatan belajar tersebut. Dengan perbedaan yang dimiliki oleh murid teknologi memungkinkan secara individual projek-projek perorangan dapat dilakukan dengan maksimal, tentunya dengan bantuan dan dorongan dari guru.

Guru yang inovatif sangat dibutuhkan dalam memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu dalam pembelajaran yang akan dilakukannya, dimulai dari kegiatan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran sampai kepada penilaian hasil belajar akan membutuhkan energi yang tinggi. Oleh karena itu orang kreatif itu akan mudah dalam menemukan inovasi-inovasi yang memungkinkan kegiatan pembelajarnnya lebih cepat, lebih berhasil dan lebih bermanfaat bagi murid.

Pendekatan

1. Orang dan keterampilan

Inovasi sarana dan prasarana diarahkan kepada peningkatan kemampuan orang sebagai penyelenggara dan ilmu pengetahuan serta keterampilan output yang diharapkan

2. Alat dan bahan
Inovasi melekat pada alat dan bahan diklat yang akan dipergunakan untuk melaksanakan program-program pendidikan dan latihan

3. Teknologi manual
Inovasi sarana dan prasarna diklat terdiri atas alat dan bahan yang bersifat manual yang akan dipergunakan oleh pelaksana dan peserta

4. Teknologi Komputerisasi
Teknologi komputerisasi merupakan bagian dari inovasi pengembangan sarana dan prasarna diklat

5. Teknologi informasi
Teknologi informasi merupakan bgian dari inovasi pengembangan sarana dan prasarna diklat guna menunjang kelancaran dalam transfer ilmu pengetahuan dan keterampilan dari pelaksana kepada peserta pendidikan dan latihan

Prinsip-Prinsip

a. Relevance

Inovasi sarana dan prasarana diklat harus berkesuaian dengan kebutuhan dalam penyelenggaraan diklat, terutama dalam penyesuaian-penyesuaian dengan kebutuhan pengembangan pengetahuan dan keterampilan ketenagaan.

b. Manageable

Inovasi sarana dan prasarna diklat merupakan bagian dalam pengembangan fungsi-fungsi manajemen kelembagaan

c. Sustainability

Inovasi sarana dan prasarana diklat harus dapat dilihat dari keberlanjutan program

d. Efficiency

Inovasi sarana dan prasarna diklat memperhatikan unsur efisiensi dalam program kelembagaan, tidak menyebabkan penghamburan-penghamburan dalam pembiayaan dan waktu

e. Productivity

Inovasi sarana dan prasarana diklat mengacu kepada peningkatan produktivitas kelembagaan diklat dan output

f. Innovative

Inovasi sarna dan prasarna diklat merupakan bentuk-bentuk hasil pemikiran dan pengembangan-pengembangan yang inovatif

g. Up to date

Sarana dan prasarana program yang dikembangkan merupakan hal yang terbaru dalam penyelenggaraan diklat


Responses

  1. Terima kasih kepada mahasiswa Tekpend ‘06 yang telah mengirimkan komentar absensinya ke blog ini. Perlu diketahui bahwa komentar yang masuk tidak akan secara langsung ditampilkan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga originalitas komentar yang akan dimasukkan selanjutnya (agar tidak terpengaruh oleh komentar-komentar yang sudah ada).

    Semua komentar, baru akan ditampilkan setelah masa perkuliahan materi yang keempat ini selesai.

    Mohon mengirimkan komentar yang berkaitan dengan materi perkuliahan, untuk pertanyaan, baik kepada dosen ataupun pengelola blog, silakan kirim melalui e-mail atau pada halaman buku tamu.

    Catatan: Mohon kejujurannya dalam hal absensi, mahasiswa yang ‘menitip absen’ (menitip pengiriman komentar), dapat diketahui dari kesamaan alamat IP pengirim, serta kemiripan isi komentar.

  2. berbicara mengenai inovasi / pembaharuan mengingatkan kita pada istilah invention dan discovery, invention adalah penemuan sesuatu yang benar-benar baru artinya hasil karya manusia. sedangkan discovery adalah penemuan sesuatu benda yang sebenarnya telah ada sebelumnya. dalam pengertian tersebut apa yang di katakan oleh para tokoh berbeda, menurut Prof. Dr Anna poejiadi ia terilhami oleh thomas alva edison, dalam invention nya ia menciptakan mesin telegram yang secara otomatis mencetak huruf mesin, dan bola lampu pijar sehingga membuat inovasi / perubahan bagi dunia.
    dalam inovasi terdapat juga inovasi dalam ekonomi yaitu Mengenalkan barang baru dimana para pelanggan belum mengenalnya atau kualitas baru dari sebuah barang;
    dalam inovasi juga terdapat:
    -Inovasi produk
    -Inovasi proses
    -Inovasi pemasaran
    -Inovasi organisasi
    -Inovasi model bis

    inovasi dalam ekonomi tersebut mempunyai tujuan, yaitu:

    * meningkatkan kualitas;
    * menciptakan pasar baru;
    * memperluas jangkauan produk;
    * mengurangi biaya tenaga kerja;
    * meningkatkan proses produksi;
    * mengurangi bahan baku;
    * mengurangi kerusakan lingkungan;
    * mengganti produk atau pelayanan;
    * mengurangi konsumsi energi;
    * menyesuaikan diri dengan undang-undang;

    dalam ekonomi terdapat siklus inovasi
    Siklus inovasi berlangsung seperti kurva difusi dimana pada tahap awal, tumbuh relatif lambat, ketika kemudian pelanggan merespon produk tersebut sebagai sebuah kebutuhan maka pertumbuhan produk meningkat secara eksponensial. Pertumbuhan produk akan terus meningkat bila dilakukan inkrenetori inovasi atau mengubah produk. Di akhir kurva pergerakannya melambat kembali dan cenderung menurun.

    ada beberapa pendekatan yang perlu di perhatikan dalam melakukan kegiatan teknologi informasi dalam pembelajaran

    Pendekatan

    1. Orang dan keterampilan

    Inovasi sarana dan prasarana diarahkan kepada peningkatan kemampuan orang sebagai penyelenggara dan ilmu pengetahuan serta keterampilan output yang diharapkan

    2. Alat dan bahan
    Inovasi melekat pada alat dan bahan diklat yang akan dipergunakan untuk melaksanakan program-program pendidikan dan latihan

    3. Teknologi manual
    Inovasi sarana dan prasarna diklat terdiri atas alat dan bahan yang bersifat manual yang akan dipergunakan oleh pelaksana dan peserta

    4. Teknologi Komputerisasi
    Teknologi komputerisasi merupakan bagian dari inovasi pengembangan sarana dan prasarna diklat

    5. Teknologi informasi
    Teknologi informasi merupakan bagian dari inovasi pengembangan sarana dan prasarna diklat guna menunjang kelancaran dalam transfer ilmu pengetahuan dan keterampilan dari pelaksana kepada peserta pendidikan dan latihan

    sehingga dengan melakukan pendekatan tersebut kegiatan di kelas berjalan dengan lancar.

  3. Dalam melakukan suatu inovasi memang ak terlepas dari berbagai alasan tentang mengapa inovasi harus dilakukan, hal ini pun tidak terleas dari teori apa dan menapa teori tersebut digunakan.
    inovasi sangatlah beragam,maka kita pun harus tahu jenis inovasi sepert apa yang akan kita lakukan…
    kajian materi kali ini menarik .. banyak materinya jadi segitu dulu aja degh komentarnya…
    THaNks

  4. Bismillah..
    Assalamualaikum wr wb…
    Alhamdulillah materi ke-4 ini benar-benar komplit sekali, dijabarkan dengan sangat rinci dan dengan kata-kata yang lebih mudah dipahami.
    Materi ke-4 ini menjelaskan atau melanjutkan penjelasan dari materi-materi sebelumnya, sperti definisi inovasi, tipe, tujuan, sumber dan lain-lain, dengan penjelasan yang lebih detail saya merasa lebih memahami maksud dari inivasi itu sendiri khususnya inovasi pendidikan.
    Kalau saya boleh sedikit menyimpulkan dari materi ke-4 ini bahwasannya inovasi merupakan segala sesuatu yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang baik berupa discovery maupun invensi untuk mencapai tujuan atau untuk memecahkan masalah tertentu.
    Dari penegertian diatas diketahui bahwa sedikitnya ada dua macam sifat inovasi, yaitu inovasi positif dan inovasi negatif. Inovasi positif merupakan proses membuat perubahan terhadap sesuatu yang telah mapan dengan memperkenalkan sesuatu yang baru yang memberikan nilai tambah bagi pelanggan.
    Sedang Inovasi negatif menyebabkan pelanggan enggan untuk memakai produk tersebut karena tidak memiliki nilai tambah, merusak cita rasa dan kepercayaan pelanggan hilang.
    Demikian komentar yang dapat saya berikan dalam materi ke-4 ini. Tetap semangat untuk teman-teman 2006. CHAYOO!!

  5. Ass….
    Dalam inovasi pendidikan terdapat beberapa hal yang perlu dipahami, diantaranya pengertian inovasi, pengertian invensi serta pengertian discovery. yang membedakan antara inovasi, invensi dan discovery terletak pada makna penemuan yang ada didalamnya.

    Wass…

  6. terima kasih kepada bapak atas penjelasan prinsip – prinsip inovasi. yang saya tangkap dari perkuliahan ini bahwa inovasi adalah merupakan segala sesuatu yang baru yang dapat merubah pelakunya atau lingkungannya walaupun hanya sesaat tanpa terlepas dari prinsip – prinsipnya. yang ingin saya tanyakan, yang dimaksud dengan membangun budaya nilai dan mutu pekerjaan dalam diklat secara signifikan itu seperti apa dalam rekonstruksi kelas berbasis teknologi ?

  7. bagaimana penyelesaian terhadap kegagalan inovasi di sekolah dan penyelesianya bantu saya saya kurang begitu bisa tolong ya !!!!

  8. Dari materi diatas saya hanya bisa mengomentari sedikit dari banyak hal yang telah banyak dijabarkan dimateri ke-4 skarang bahwa inovasi pendidikan bukanlah disiplin ilmu yang sederhana melainkan ilmu yang amat compleks sekali untuk dipelajari dan diterapkan.untuk menjadi ahli inovasi pendidikan haruslah mengenal amat baik apa yang dibutuhkan di dunia pendidikan.

  9. Landasan Teori Inovasi Pendidikan

    Seperti telah kita ketahui bahwa sesuatu dikatakan inovasi jika menciptakan sesuatu hal baru, dapat berupa ide, produck, proses, pemasaran, organisasi, maupun model bisnis. yang pasti dapat membuat perubahan.

    teredapat 3 hal yang dapat mewujudkan perubahan yaitu :
    * Inovasi –> memperkenalkan hal yang baru.
    * Discovery –> penemuan sesuatu yang sebenarnya telah ada sebelumnya.
    * Invention –> menciptakan sesuatu yang baru
    yang tidak pernah ada sebelumnya.

    ketiga hal tersebut dapat melengkapi makna dari inovasi, karena inovasi dapat diartikan pula sebagai penemuan. dalam inovasai tercakup discovery dan invensi.

    inovasi dapat dilakukan diberbagai bidang, ekonomi, politik, teknologi, pendidikan, dan masih banyak lagi. inovasi dilakukan bukan semata-mata untuk trend atau iseng, namun inovasi dilakaukan pastilah memiliki tujuan, dan tujuan tersebut ialah untuk tercapainya suatu perubahan
    mengarah kepada yang lebih baik. namun inovasi-pun dapat terjadi kegagalan, hal yang menyebabkan kegagalan tersebut diantaranya ialah tidak singkronnya ide dengan pelaksanaan, disini pelaksanaan inovasi perlu adanya keseriusan dari pelaksana inovasi agar inovasai yang dilakuakan dapat mencapai tujuannya.

    dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dapat memungkinkan dimasa yang akan datang pertumbuhan siklus inovasi dapat menyusul hasil yang didapatkan sebelumnya
    dengan inovasi yang baru. namun penciptaan inovasi yang baru harus tetep memegangf prinsip-prinsip yang ada seperti relevanci, manageable,
    sustainability, efficiency, productivity, innovative, serta up to date.

    sebagai generasi baru, di dunia teknologi dan pendidikan. kita diharapkan dapat menciptakan inovasi dalam dunia pendidikan khususnya.
    dan berbagai bidang. agar dapat mencapai tujuan dengan lebih cepat..

    SeMaNgaT….!!!

  10. Ass. Wr.Wb

    Berdasarkan pemaparan materi di atas, saya membenarkan bahwa inovasi yang terjadi dapat membawa dampak positif dan negatif.

    Dalam kehidupan sehari-hari dapat kita lihat, inovasi dalam bidang teknologi telah begitu banyak membantu pekerjaan manusia, membantunya dalam berkegiatan, sehingga menjadi lebih efisien dan efektif. Serta dapat mempermudah dan memperlancar setiap aktivitas.

    Contoh saja, dengan adanya fasilitas internet orang menjadi mudah untuk mencari berbagai informasi dari berbagai sumber yang diinginkan.

    Namun, seperti yang telah dikatakan bahwa inovasi juga dapat membawa dampak negatif. Pernah kita dengar ada beberapa opini yang menyatakan bahwa “manusia diperbudak oleh teknologi”

    contohnya seperti, seorang mahasiswa jadi seakan memanfaatkan teknologi dalam pengerjaan tugas dengan hanya menggunakan copy paste dan sebagainya.

    Bukankah hal ini juga merupakan suatu pemodohan???

    bagaimana dengan fenomena inovasi di Indonesia?
    (tentu saja dapat kita jawab sendiri)

    wassalam

  11. Ass.

    Dalam inovasi istilah inovasi, discovery dan invensi mempunyai makna yang hampir sama namun jika dimaknai lebih mendalam, sebenarnya mempunyai makna yang berbeda satu sama lain. Inovasi cenderung memperkenalkan barang baru, discovery menemukan sesuatu yang baru padahal sudah ada sebelumnya, sedangkan invensi lebih kepada penemuan yang benar-benar baru sebagai hasil kegiatan manusia. Untuk lebih menspesifikasikan tujuan berinovasi, maka ada beberapa tipe inovasi yang karakteristiknya ditentukan oleh pasar dan bisnis.

    Dari sekian banyak tujuan inovasi, menurut saya yang lebih utama adalah tujuan inovasi meningkatkan kualitas, karena selain dapat dimaknai sebagai membuat sesuatu yang baru juga bermakna sebagai peningkatan sesuatu hal menjadi lebih baru dan memiliki value yang lebih dari sebelumnya.

    Adapun kegagalan dalam berinovasi salah satunya dapat disebabkan oleh buruknya partisipasi anggota tim, hal ini selain akan berpengaruh buruk pada hasil produksi juga akan berdampak pada lemahnya sosialisasi atau hubungan kerja antar anggota dalam suatu tim kerja.

    Siklus inovasi akan dirasakan tinggi pertumbuhannya jika konsumen sudah dapat merespon produk inovasi kita, dan akan menurun lagi pertumbuhannya jika sudah tidak ada perubahan dari produk inovasi itu.

    Restrukturisasi kelas berbasis teknologi bukan hanya memperhatikan bagaimana mudahnya mengakses sumber belajarnya, tetapi juga harus memperhatikan kemampuan guru dalam menggunakannya (kompetensi guru) dan kebutuhan siswa belajar. Disamping itu juga harus memperhatikan prinsip-prinsip restrukturisasi kelas berbasis teknologi, yaitu relevansi, manageable, sustainability, efficiency, productivity, innovative dan up to date.

    Wass.

  12. NAMA : Fariz Eka Nurfuad
    NIM : 0604225
    JURUSAN : Teknologi Pendidikan / TIK

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih atas pemberian materi perkuliahan ke-4 ini yang membahas tentang Landasan Teori Inovasi Pendidikan. Materi ini akan saya pelajari dengan baik guna mendapatkan pemahaman yang menyeluruh atas materi Landasan Teori Inovasi Pendidikan ini. Insya Allah saya akan mendapatkan kemudahan dalam mempelajari materi ini, karena materi yang tersaji sudah dipaparkan sedemikian lengkap. Kelengkapan penyajian materi Landasan Teori Inovasi Pendidikan bisa terlihat dari isi dan cara penjabarannya, adanya Landasan Teori yang mencakup beberapa hal seperti (Definisi Inovasi,Tipe Inovasi,Sumber Inovasi,Tujuan Inovasi,Kegagalan Inovasi,Siklus Inovasi,Inovasi Manajemen,Inovasi Saran&Prasarana,Restrukturisasi Kelas Berbasis Teknologi,Pendekatan juga Prinsip-prinsipnya).

    Wassalamualaikum wr wb.

  13. Assalammualaikum…
    Bapak,saya kurang mengerti pada bahasan tentang penjelasan dari siklus inovasi,kemudian prinsip-prinsip inovasi.
    terimakasih..

    wassalammualaikum..

  14. materi yang disampaikan cukup lengkap dengan penjelasan-penjelasannya dengan materi tersebut dapat mengetahui mengenai landasan teori inovasi dan lain-lain.

  15. Saya rasa untuk materi kali ini sudah sangat jelas. Saya tidak perlu lagi berkomentar untuk menambahi pendapat Saya seperti pada materi-materi yang kemarin. Cuma itu saja komentar Saya untuk kali ini..Ayo kita berinovasi!!

  16. Membaca pengertian inovasi diatas, banyak anggapan yang tertuju hanya pada perubahan inovasi. Kebanyakan yang saya tahu, bahwa inovasi adalah suatu perubahan barang atau jasa dimana berfungsi untuk menjadikan barang atau jasa tersebut dapat menarik minat konsumen.
    Salah satu anggapan saya, yakni ternyata inovasi tidak hanya ada dalam hukum ekonomi, dimana ada motif ekonomi, prinsip ekonomi, maupun hukum ekonomi, tapi ternyata juga di dalam dunia pendidikan inovasi sangat dibutuhkan baik dalam pwngelolaan struktur kebijakan dalam pendidikan maupun proses belajar mnegajar. Teknologi ternyata sangat dibutuhkan bukan hanya dalam membuat suatu barang menjadi lebih inovatif, dalam pendidikan juga hal itu sangat diperlukan oleh pihak pendidikan terutama guru untuk menjadi penunjang pembelajarannya.

  17. Alhamdulillah untuk materi kali ini saya dapat memahami karena metode penulisan kali lebih jelas dari pada dengan menggunakan powert point. terima kasih

  18. bagaimana caranya mengatasi penyebab gagalnya suatu proses inovasi?

  19. untuk materi ke-4, tentang landasan teori inovasi, saya ingin berkomentar sedikit, inovasi adalah sesuatu yang baru bagi seseorang walaupun sesuatu yang baru tersebut telah ada sebelumnya.
    kita sebagai calon guru, seyogyanya membuat inovasi-inovasi dalam pembelajaran. walaupun inovasi itu telah ada teorinya.

  20. Menurut saya, tekonologi dalam proses inovasi sangat diperlukan. dengan adanya teknologi maka inovasi pendidikan akan lebih berkembang. bukan hanya teknologi saja yang dibutuhkan dalam inovasi pendidikan. Sekolah juga harus memiliki guru yang mampu mengarahkan penggunaan teknologi agar tepat guna, tentunya guru yang mengetahui dan memahami perkembangan teknologi. teknologi memberikan kemudahan bagi guru untuk menyampaikan materi lebih jelas dan teknologi juga memberikan kemudahan bagi siswa untuk memahami materi dengan penyampaian yang lebih menarik. oleh karena itu teknologi pun memiliki hubungan yang erat dengan perkembangan inovasi di sekolah terutama di kelas.

  21. dari materi diatas dapat diambil kesimpulan bahwa definisi inovasi menurut beberapa ahli mengandung persamaan yaitu adanya kata kunci baru hal ini sesuai dengan pendapat, Santoso S. Hamijoyo dalam Cece Wijaya dkk (1992 : 6) menjabarkan bahwa kata baru diartikan sebagai apa saja yang belum dipahami, diterima atau dilaksanakan oleh si penerima pembaharuan, meskipun mungkin bukan baru lagi bagi orang lain. Akan tetapi, yang lebih penting dari sifatnya yang baru adalah sifat kualitatif yang berbeda dari sebelumnya. Kualitatif berarti bahwa inovasi itu memungkinkan adanya reorganisasi atau pengaturan kembali dalam bidang yang mendapat inovasi.
    sumber inovasi menurut materi diatas disebutkan ada 2 yaitu tradisional, sumbernya adalah inovasi fabrikasi. Hal tersebut karena agen (orang atau bisnis) berinovasi untuk menjual hasil inovasinya.
    dan Inovasi pengguna; hal tersebut dimana agen (orang atau bisnis) mengembangkan inovasi sendiri (pribadi atau di rumahnya sendiri), hal itu dilakukan karena produk yang dipakainya tidak memenuhi apa yang dibutuhkannya.
    mengomentari tentang pentingnya guru dalam inovasi menurut saya peran guru memang memegang peranan penting dalam inovasi dan guru tersebut harus mampu mengembangkan kreatifitas anak dengan cara memberi stimulus yang positif agar kreatifitas anak tersebut dapat terfasilitasi dan berkembang dengan baik.

  22. Inovasi berbeda dengan invention dan discovery. Meskipun dirasa hampir sama persis, ternyata antara inovasi, invention dan discovery sangat jauh berbeda.
    Inovasi atau innovation artinya membuat perubahan atau memperkenalkan sesuatu yang baru, discovery mempunyai makna penemuan sesuatu yang sebenarnya sesuatu itu telah ada sebelumnya, tetapi belum diketahui. Sedangkan invensi adalah penemuan yang benar-benar baru sebagai hasil kegiatan manusia, sedangkan inventio ialah menciptakan sesuatu yang baru yang tidak pernah ada sebelumnya.
    Yang baru saya sadari ialah selain bernilai positif, ternyata inovasi pun dapat bernilai negatif. inovasi pun dapat menyebabkan pelanggan enggan untuk memakai produk tersebut karena tidak memiliki nilai tambah, merusak cita rasa dan kepercayaan pelanggan hilang. Subahnallah… ternyata inovasi pun perlu dikelola dengan baik agar tercipta suatu produk yang bermanfaat bagi orang yang membuat, khususnya, dan orang lain yang menikmatinya, pada umumnya.

  23. ass,……….
    pak maap memberi pendapatnya terlambat..
    ternyata cakupan inovasi itu cukup luas, seperti inovasi mendapat beberapa devinisi seperti memperkenalkan barang baru, ide baru, pelayanan baru yang dapat diambil manfaatnya. inovasi tidak hanya diartikan discovery (penemuan) yang berarti penemuan sesuatu yang sebenarnya sesuatu itu telah ada sebelumnya, seperti penelitian tentang terhadap benda-benda angkasa yang dilakukan oleh para astronomi sampai diketemukannya planet baru dalam sistem tata surya. itu merupakan penemuan namun sebelum ditemukan planet tsb sudah ada. inovasi juga tidak berarti hanya didevinisikan sebagai invention yang berarti penemuan yang benar-benar belum pernah ada sebelumnya seperti penemuan mesin uap, radio, dll.
    inovasi yang berupa penemuan sesuatu yang baru yang hasilnya berguna untuk memecahkan masalah dan termasuk didalamnya discovery dan invation.
    da saya dulu sebelum ada materi yang terakhir ini beranggapan bahwa inovasi itu bisa dikatakan solution, artinya yang dapat memecahkan masalah, tapi setelah membaca materi ini saya keliru mungkin bisa dikatakan juga seperti itu bahwa inovation adalah solution yang berarti pasti hasil inovasi bermanfaat atau positif, ternyata tidak hasil inovasi juga dapat menjadi negatif bila dikaitkan dengan implikasi inovasi bidang ekonomi, yang menyebabkan para pelanggan enggan untuk memakai produk tsb. namun apakah benar bahwa hasil inovasi apabila TIDAK BISA DIAMBIL MANFAATNYA malahan berdampak NEGATIF, bisa dikatan HASIL INOVAS…..???atau dapat dikatakan bahwa inovasi tersebut GAGAL dengan beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti; devinisi tujuan yang buruk, buruknya mensejajarkan aksi untuk mencapai tujuan, buruknya partisipasi anggota team,dll.
    itulah kelebihan manusia dibanding makhluk lain yang hidup di muka bumi mempunyai akal, nafsu, adn hati yang mampu menciptakan peradaban di muka bumi. sehingga lahirlah inovasi-inovasi guna memenuhi kebutuhan kehidupannya dari generasi kegenerasi dunia semakin maju dalam artian teknologi semakin canggih yang diciptakan manusia. begitupun pendidikan tidak lepas dari inovasi-inovasi yang semakin membangun pendidikan kearah yang lebih maju banyak produksi-produksi inovasi yang berIT yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran, sehingga dengan bantuan media tersebut tujuan pembelajaran akan mudah dicapai dan membantu lahirnya inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran.
    terimakasih kepada bapa yang telah mendesign pembelajaran melalui website, karena pembelajaran seperti ini sangat membantu kami dalam demokratisnya mengeluarkan pendapat, yang tidak bisa kami lontarkan dengan kata-kata seperti di kelas.

  24. ass.
    dari penjabaran mengenai inovasi tadi
    sedidaknya sebagai seorang teknologi pendidikan saya sedikit terinpirasi bagaimana nantinya seorang lulusan teknologi pendidikan dpat menciptakan suatu inovasi dalam pendidikan, mungkin diawali dengan perkuliahan seperti ini suatu inovasi dimana dpat memciptakan suasana belajar baru yang dapat sedikit diambil mamfaatnya adalah dengan antusiasnya para mahasiswa untuk mengunjungi bolg ini, tentunya dengan tujuan yang berbeda, tetapi inspirasi yang sedikit saya dapat yaitu: adanya motifasi untuk melakukan suatu perubahan yang menjembatani suatu kendala dalam pendidikan, contohnya bolg ini, dimana diantara mahasiswa dapat terbantu untuk tetap mengikiuti perkuliahan dengan diselingi hiburan lainnya yang memanfaatkan fasilitas internet. kencendrungan seperti ini dapat merifreskan kejenuhan para peserta didik dalam hal ini mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan.
    semiga saja dengan memanfatkan fasilitas ini hasil dari kualitas perkuliahan ini tidak berkurang akan teetapi semakin baik dan dapat memotifasi untuk terus mengembangkan potensi untuk menciptakan siatu inovasi khususnya mahasiswa teknilogi pendidikan dalam meningkatkan pendidikan di indonesia.
    sekian
    tnx

  25. Alhamdulillah untuk materi ke-4 ini cukup jelas,sangat terperinci walaupun ada beberapa hal yang masih belum saya mengerti. Saya ingin sedikit berkomentar tentang pentingnya peranan guru dalam rekonstruksi kelas berbasis teknologi, dalam hal ini guru diibaratkan sebagai titik tombak dalam pembelajaran berbasis taknologi di kelas. Dan apakah hanya guru saja yang memegang peranan penting tersebut? Terima kasih…

  26. Alhamdulillah untuk materi kali cukup jelas karena disajikan secara terperinci.

  27. terima kasih sudah saya terima dan saya baca komentar dan simpulannya

    yang terpenting dari isi sebuah komentar menggambarkan pemahaman tentang konsep bukan hanya sekedar memindahkan

  28. Mengenai teknologi yang akan muncul, pada siklus teknologi sesuai dengan perkembangan jaman saat ini. sekarang saja sudah banyak teknologi yang semakin pesat.

    dengan belajar inovasi pendidikan ini, kita di tuntut untuk dapat memunculkan inovasi-inovasi agar teknologi di masa mendatang tebih bersahabat dengan keadaan lingkingan kita.

    kita harus lebih peduli akan lingkungan kita…
    terima kasih…

  29. Inovasi memang bukan hanya di dunia pendidikan, ada juga dalam bidang kesehatan, ekonomi dsb.
    dalam bidang ekonomi inovasi mempunyai makna sendiri begitu juga dalam bidang garapan yang lain.
    untuk pengembangan inovasi perluadanya landasan inovasi agar inovasi dapat memberikan nilai yang tepat guna.

  30. sebelumya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada bapak karena pertanyaan saya pada perkuliahan pertama telah bapak jawab di materi perkuliahan kali ini.

    untuk meteri perkuliahan kali ini saya rasa sudah cukup jelas karena dalam pembahasannya dicantumkan dengan sangat terperinci bila dibandingkan dengan materi perkuliahan sebelumnya.

    semoga para inovator dapat menjalankan inovasinya dengan baik dan membawa perubahan yang spektakuler bagi kemajuan bangsa Indonesia.
    Amiin….

  31. alhamdulilah materi kali ini bagi saya sangat jelas. bahwa pengertian inovasi itu sangat luas, dan dengan adanya inovasi kita bisa membuat suatu perubahan kearah yang lebih bermanfaat lagi. dalam materi diatas tertulis tentang pentingnya seorang guru yang inovatif karena menurut saya guru yang inovatif itu sangat diperlukan untuk membantu para siswa dalam proses pembelajaran yang cepat dan tercapai apa tujuan dari pembelajaran itu.

  32. ass..pak,mf telat buat comentnya..,mungkin menurut saya..Seperti yang telah kita ketahui,bahwa inovasi banyak dilakukan atau terjadi pada lingkungan sekitar kita.

    Yang mempengaruhi perubahan itu banyak hal,seiring dengan berkembangnya zaman,dimana ada 3 hal yaitu:
    1.Discovery
    2.Invention
    3.Inovasi

    Dan dari materi diatas sudah cukup jelas alhamdulilah..
    terima kasih..

    (n_n)

  33. ass.
    sekali lagi saya sangat memohon maaf kepada bapak Asep karena sangat terlambat dalam mengirimkan comment.

    Sebagaimana yang telah saya ungkapkan pada pada comment yang terdahulu, inovasi pada dasarnya adalah suatu perubahan menuju sesuatu yang baru apakah itu baru sama sekali atau merupakan penyempurnaan dari sesuatu yang telah ada yang bisa bermanfaat bagi banyak orang dan penemu itu sendiri.

    Inovasi terbagi kedalam beberapa macam sesuai dengan kriterianya. secara tipe inovasi terbagi kedalam lima macam yaitu inovasi produk, proses, pemasaran, organisasi, dan inovasi model bisnis.

    sedangkan menurut sumbernya apabila dilihat dari materi diatas terbagi kedalam dua macam yaitu secara traditional dan menurut penggunanya. secara tradisional berarti inovasi ini terjadi secara konvensional dimana inovasi terjadi jika ada orang yang membutuhkan dan ada orang yang menyediakan. sedangkan inovasi karena pengguna terjadi karena adanya inisiatif dari pengguna suatu objek untuk memperbaiki kekurangan agar lebih bermanfaat.

    dalam implementasinya untuk pendidikan, inovasi banyak digunakan dalam hal metode ataupun media pembelajaran yang digunakan dan perangkat dalam pembelajaran itu sendiri. contoh kongkrit yang sebelumnya sempat dibahas adalah bagaimana inovasi dari sektor tenaga pengajar atau guru.

    sangatlah panjang jika kita membahas mengenai inivasi, khususnya inovasi pendidikan. tidak cukup dalam comment yang sekecil dan sesempit ini cakupannya. tetapi satu hal yang harus kita perhatikan, yaitu implementasi dari teori-teori inovasi ini. kemunduran prestasi indonesia dalam sea games baru-baru ini adalah cerminan dari ketidakberhasilan kita dalam menerapkan teori inovasi yang selama ini kita pahami.

    memang yang penting dari suatu comment adalah pemahaman, tetapi yang lebih diutamakan sebaiknya adalah penerapan/ implementasi dari comment itu sendiri.

    semoga comment ini bisa bermanfaat bagi saya sendiri dan kita bersama.

    wassalamm.

  34. Dalam materi keempat iniTernyata begitu banyak para ahli yang memaparkan definisi dari inovasi, dan ternyata Inovasi dapat menjadi positif atau negatif. Kata kunci lainnya dalam pengertian inovasi adalah ‘BARU’. kata baru diartikan sebagai apa saja yang belum dipahami, diterima atau dilaksanakan oleh si penerima pembaharuan, meskipun mungkin bukan baru lagi bagi orang lain.
    Sumber inovasi
    Terdapat dua sumber utama inovasi , yaitu:
    1.Secara tradisional, sumbernya adalah inovasi fabrikasi. Hal tersebut karena agen (orang atau bisnis) berinovasi untuk menjual hasil inovasinya.
    2.Inovasi pengguna; hal tersebut dimana agen (orang atau bisnis) mengembangkan inovasi sendiri (pribadi atau di rumahnya sendiri), hal itu dilakukan karena produk yang dipakainya tidak memenuhi apa yang dibutuhkannya

  35. Assalamualaikum wr.wb.
    materi ke-4 ini sudah cukup jelas, saya hanya akan memberikan pendapat yang saya ketahui setelah membaca materi ini, menurut saya Pengertian inovasi, discovery, dan invention memiliki keterkaitan. inovasi ada pada smua bidang karena semua bidang tersebut pasti akan melakukan pembaharuan untuk memajukan bidang tersebut. Seperti yang ada dalam materi empat ini bahwa bidang teknologi sangat mempengaruhi kegiatan belajar siswa yaitu memperlancar dan memberi kemudahan bagi guru dalam menyaimpaikan ilmu kepada murid. Teknologi yang digunakan dalam pembelajaran pun harus tepat dan sesuai dengan yang dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Dalam inovasi berbasis kelas tentunya memberikan faktor-faktor yang mendukung jalannya inovasi tersebut yaitu seperti orang dan keterampilan karena rang sebagai penyelengara dan ketrampilan sebagai hasil yang harus dikuasai atau diperoleh oleh siswa, alat dan bahan tentunya kedua faktor ini yang mendukung jalannya atau berlangsungnya inovasi dalam kelas ini, dan teknologi baik teknologi manual, komputerisasi dan informasi ketiga teknologi ini merupakan pendukung untuk lancarnya kegiatan pembelajaran seperi saran dan prasarana.

  36. Materi akhir perkuliahan ini merupakan penjabaran dari semua materi yang telah disajikan minggu-minggu kemarin. Materi ke empat ini penjelasannya sangal lengkap dan cukup bisa dimengerti. Dengan penjabaran materi tersebut setidaknya pengetahuan saya akan inovasi menjadi bertambah, ternyata bidang garapan inovasi itu sangat luas tidak hanya mencakup satu bidang saja tetapi mencakup berbagai bidang. Inovasi bukan sekadar gaya-gayaan tetapi inovasi itu mempunyai tujuan yang jelas menuju suatu perbaikan. Dengan adanya inovasi menimbulkan orang termotivasi untuk berpikir kreatif dan menimbulkan keinginan untuk membuat sesuatu yang baru menuju suatu perbaikan. inovasi juga dapat memperbaiki mutu pendidikan sehingga menghasilkan penerus-penerus bangsa yang berpotensi/berkompeten.

  37. setelah membaca materi perkuliahan keempat tentang landasan teori, disana telah dipaparkan bahwa inovasi itu merupakan suatu ide baru, barang baru, pelayanan baru dan cara-cara baru yang lebih bermanfaat. dalam artian inovasi itu selalu menuju kepada hal-hal yang baru dan selalu mengarah kepada yang lebih baik. dan inovasi itu dapat menjadi positif atau negatif. Inovasi positif didefinisikan sebagai proses membuat perubahan terhadap sesuatu yang telah mapan dengan memperkenalkan sesuatu yang baru yang memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Inovasi negatif menyebabkan pelanggan enggan untuk memakai produk tersebut karena tidak memiliki nilai tambah, merusak cita rasa dan kepercayaan pelanggan hilang. dengan adanya teori landasan tersebut kini kita telah bisa membedakan dan mengetahui tentang apa itu inovasi, discovery, invention.

  38. ass. ):
    Segala sesuatu yang baru tidak semuanya dikatakan sebgai sebuah inovasi. Sesuatu dikatan sebuah inovasi ketika pembaharuan tersebut memiliki kualitas yang lebih baik dan dapat dirasakan manfaatnya bagi individu atau kelompok, meskipun seseutu yang baru itu tidak dikatan baru oleh seseorang tetapi dirasa baru oleh pihak lain.
    Pada materi dikatakan hasil survey menunjukkan, bahwa dari 3000 ide tentang sebuah produk, hanya satu yang sukses di pasaran. Padahal produk yang gagal itu seringkali memiliki potensi sebagai ide yang baik, penolakan terjadi bukan karena tidak di anggap baru tetapi karena kurangnya modal, keahlian, atau produk tidak sesuai kebutuhan pasar. Hal ini menunjukan betapa sulitnya menawarkan sebuah inovasi karena harus adanya pihak penerima yang ditunjang dengan partisipasi tim, serta akses informasi yang baik.
    Tidak dipungkiri kita telah banyak merasakan manfaat inovasi-inovasi yang diciptakan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Seperti salah satunya kelas berbasis teknologi yang menuntut krafifitas guru dalam memanfaatkan berbagai jenis alat bantu yang dapat membantu kegiatan belajar siswa.

  39. sebelumnya saya berterimakasih terkebih dahulu, penjelasan mengenai landasan teori inovasi pendidkan sudah ckup jelas sekali, tp ada baiknya saya ingn sedikit menyatakan mengenai arti dari inovasi itu sendiri, inovasi merupakan butuh akan perubahan yang lebih baik dari sebelumnya, inovasi juga mempunyai bermacam2 tipe dsb, semuanya sudah jelas ada dalam pembahasan diatas.

  40. menurut saya faktor yang sangat menentukan tercipta tidaknya inovasi ialah manusia sebagai inovator……
    inovator itu sendiri menurut saya sangat dipengaruhi oleh berbagai motifasi, yang dipengaruhi oleh faktor bacaan dan perbuatannya!!! seorang yng hanya diam dan hanya melamun saja tidak akan pernah menemukan sesuatu yang berguna…. dan hanya orang yang memiliki keinginan, ditunjang dengan pengetahuan melalui bahan bacaan, baik melalui buku teks maupun pengalaman langsung. dikuatkan dengan kemampuan dan skill. maka saya berkeyakinan…. inovasi-inovasi akan mengalir dengan sendirinya, melalui tangannya, yang digerakan oleh ide-ide yang cemerlang……

  41. waktu absen yg prtama saya brtanya tentang pngertian tipe inovasi dan pada materi sekarang d jabarkan.Setiap Inovasi pasti da hambatan2 baik itu dari segi dukungan orang2 atau dr hambatan sarana,oleh krena itu sbaiknya apabila kita akan membuat suatu inovasi maka hal2 tersebut harus d prhatikan agar inovasi2 itu dapat brjalan dengan baik.

  42. assalammualiakum…
    Bapak, terimakasih atas perkuliahan yang udah berlangsung selama ini
    semoga kita dapat manfaat dalam pembelajaran e-learning ini
    maaf selama ini saya banyak salah
    wasalammualaikum..

  43. ass…
    materi demi materi tlah disampaikan….terimakasih keppada bapak yang telah menyampaikan materi inovasi pendidikan…Dalam pembahasan materi yang ke-4 ini saya cukup mengerti tenang inovasi.Hanya sedikit yanf saya ingin sampaikan.Sesuatu dikatan sebuah inovasi ketika pembaharuan tersebut memiliki kualitas yang lebih baik dan dapat dirasakan manfaatnya bagi individu atau kelompok….
    Akhir kata sayaucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya saya banyak salah di antaranya yaitu lambatnya untuk mengabsen dan mengomentari…
    wasalam…..

  44. as…alhamdulillah…materi ini, bisa memperjelas “keremangan” saya dalam memahami materi 1. menurut saya,Inovasi yang berbentuk metode bisa berdampak ke perbaikan, meningkatkan kualitas pendidikan dan sebagai alat atau cara baru dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam kegiatan pendidikan. sehingga dapat menjadi suatu upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran.
    salah satu pengubahnya adalah kita…calon-calon pendidik…insya allah

  45. Materi ke-4 ini merupakan penjelasan secara mendalam terhadap materi-materi yang telah diberikan sebelumnya.

    Berikut, beberapa hal yang dapat saya pelajari dari keseluruhan materi:
    1. Definisi Inovasi, yaitu usaha peningkatan kualitas suatu hal dengan cara memperkenalkan sesuatu yang baru;
    2. 5 tipe inovasi;
    3. 2 sumber inovasi, yaitu inovasi yang berasal pabrik/pembuat produk, dan inovasi yang berasal dari pengguna produk;
    4. Tujuan inovasi. Tujuan utama inovasi adalah untuk meningkatkan kualitas suatu produk dan menghapus kekurangan-kekurangannya, untuk mendapat hasil/kegunaan terbaik;
    5. Kegagalan inovasi. Di poin ini dijelaskan tentang akibat yang timbul setelah suatu inovasi mengalami kegagalan, antara lain hilangnya nilai investasi dan kemungkinan penolakan terhadap produk yang sama di masa yang akan datang. Pada poin ini juga dijelaskan 5 penyebab umum kegagalan inovasi.
    6. Siklus inovasi. Pada tahap awal, inovasi akan berjalan lambat, kemudian meningkat ketika konsumen / pengguna menunjukkan perhatiannya yang tinggi. Di akhir siklus, inovasi akan kembali melambat dan cenderung menurun.
    7. Inovasi manajemen;
    8. Inovasi sarana dan prasarana;
    9. Restrukturisasi kelas berbasis teknologi;
    10. 7 prinsip inovasi.

    Terima kasih.

  46. Wah…materi kuliah kali ini ternyata sangat panjand, lengkap, dan jelas.
    Dari penjelasan diatas saya menangkap bahwa :
    Pada dasarnya inovasi bertujuan untuk memberikan perubahan ke arah yang lebih baik dari pada sebelumnya. Adapun inovasi yang bersifat negatif terjadi mungkin karena adanta kesalahan dalam menangkap kebutuhan lapangan yang sebenarnya. Maka terjadilah miss concept terhadap tujuan inovasi yang dirancang.
    Akan tetapi suksesnya suatu inovasi tergantung pada orang-orang yang menjalankannya.

  47. ass….wr….wb
    menurut saya kita sebagai cal;aon pendidkan sangat diperlukanya sebuah inovasi
    diman kita dapat memberikan hal hal yang terbaik dalam sebuah pembelajaran
    inovasi sangat berparan penting dalam dunia pendidkan

  48. inovasi?
    yang secara sederhana kita ketahui bahwa inovasi merupakan suatu perubahan, menciptakan hal yang baru, membuat atau menambah nilai guna.

    tapi dalam aplikasinya untuk saat ini, menurut saya inovasi selalu dihubungkan dengan teknologi yang sedang berkembang dan memperkirakan teknologi apa yang dapat digunakan untuk masa mendatang agar inovasi terus berlanjut. dan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan dan lingkungan di sekitarnya….

    (pa, maaf saya telat memberikan komentar dan absennya…terima kasih)

    namun, dari materi tersebut yang saya pahami, mengapa manusia berinovasi tiada henti?
    bahwa manusia mempunyai sifat yang tidak puas dengan suatu keadaan, menyebabkan nafsu untuk terus menciptakan hal-hal yang lebih baik dan lebih sederhana dalam artian ldalam penggunaanya.

  49. dari materi diatas saya berpendapat bahwa inovasi itu sangat beranekaragam dari mulai definisi, produk yang dihasilkan dan sebagainya.

    akan tetapi yang menjadi sorotan adalah bagaimana supaya lahir inovator- inovator yang baru. Hal ini mungkin akan mengikutsertakan semua pihak mulai dari pemerintah sampai kepada siswa itu sendiri.

  50. ass……………..

    inovasi……!!!!

    dalam pendidikan, inovasi sangatlah dibutuhkan…dimana semua bidang dalam kependidikan memerlukan inovasi….

    manakala pendidikan sudah dalam keadaan stuck
    maka peranan inovasi berperan sekali dalam perkembangan pendidikan tersebut….

    jadi inovasi sangat diperlukan……

    satu hal yang saya ingin tanyakan….
    apakah inovasi dapat menunjang kehidupan kita?

    wasalam…

  51. akhirnya telah sampai kepada materi ke 4..sebelumya saya begitu memohon maaf kepada bapak karena saya baru kali ini dapat mengunjungi website ini.karena dari bulan-bulan kemarin saya mencoba di website yang ternyata salah.saya mencari di websiteinovasipendidikan-wodperss sehingga terus gagal.baru kali ini saya menanyakan kembali kepada teman-teman maka dari itu saya sangat memohon maaf kepada bapak.
    Dan pada materi ke 4 ini saya dapat menyimpulkannya sedikit.
    Inovasi diartikan penemuan dimaknai sebagai sesuatu yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang baik berupa discovery maupun invensi untuk mencapai tujuan atau untuk memecahkan masalah tertentu. Dalam inovasi tercakup discovery dan invensi.

    sekian dari saya.sekali lagi saya begitu memohon maaf.semoga komentar saya ini dapat diterima sebagai absensi agar saya dapat lulus dalam mata kuliah inovasi pendidikan walaupun saya sangat telat mengunjungi wabsite ini.
    terimakasih.

    ass..

  52. Berbicara masalah inovasi berarti berbicara tentang suatu ide atau gagasan yang didalamnya harus memuat sesuatu yang benar – benar baru.
    Dalam materi yang terakhir ini syukur alhamdulillah saya sebagai pembaca merasa sangat paham tentang isi darui materi keempat, dikarenakan materi yang disajikan cukup panjang dan jelas dan pada akhirnya saya menangkap bahwa dalam suatu inovasi secara garis besar yakni menuju kepada suatu perubahan kearah yang lebih maju.

  53. terimakasih kepada bapak yang telah memberikan materi ke-4 maaf sebelumnya atas keterlambatan materi ini menambah sumber bacaan tentang inovasi dalam lingkup yang lebih luas
    semoga bermanfaat untuk kemajuan saya terimakasih


Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: