Oleh: Pengelola Blog Inovasi Pendidikan | November 21, 2007

Inovasi Pada Level Makro dan Mikro

[Materi ke-2]

Perkuliahan kedua membahas inovasi pada level makro dan mikro, silakan baca lebih lanjut untuk mempelajari materi ini.

Harap diingat, absen didasarkan pada komentar yang Anda kirimkan. Nama & NIM Anda baru akan tercantum di halaman Data Absensi setelah komentar Anda disetujui.

ppt.jpg

PPT File – 14 KB

Untuk mendownload: Klik Kanan > Save Link / Target As…

Berikut adalah transkrip dari presentasi diatas
———————————————————

bagan_inovasi_-_500.jpg

Bagan Inovasi pada level makro dan mikro (Klik untuk memperbesar)

TINGKAT MAKRO

- INOVASI MANAJEMEN

  • Inovasi dalam sistem pengelolaan pendidikan;
  • Fungsi-fungsi manajemen dijalankan dengan baik (POAC).

- INOVASI ORGANISASI

  • Inovasi dalam tata kelola secara kelembagaan;
  • Ramping struktur, kaya fungsi;
  • Pengembangan setiap fungsi yang ada dalam struktur, secara skematik.

TINGKAT MIKRO (Sekolah)

  • Inovasi dalam kerangka pengelolaan sekolah;
  • Bidang garapan dalam sekolah (kurikulum, siswa, biaya, fasilitas, tenaga, HUSEMAS).
About these ads

Responses

  1. Terima kasih kepada mahasiswa Tekpend ‘06 yang telah mengirimkan komentar absensinya ke blog ini. Perlu diketahui bahwa komentar yang masuk tidak akan secara langsung ditampilkan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga originalitas komentar yang akan dimasukkan selanjutnya (agar tidak terpengaruh oleh komentar-komentar yang sudah ada).

    Semua komentar, baru akan ditampilkan setelah masa perkuliahan materi yang kedua ini selesai.

    Mohon mengirimkan komentar yang berkaitan dengan materi perkuliahan, untuk pertanyaan, baik kepada dosen ataupun pengelola blog, silakan kirim melalui e-mail atau pada halaman buku tamu.

    Catatan: Mohon kejujurannya dalam hal absensi, mahasiswa yang ‘menitip absen’ (menitip pengiriman komentar), dapat diketahui dari kesamaan alamat IP pengirim, serta kemiripan isi komentar.

  2. Mempelajari materi ini, pikiran saya menjadi lebih terbuka pada contoh-contoh inovasi yang bisa dilakukan dalam bidang pendidikan. Sebelumnya, saya selalu beranggapan bahwa inovasi pendidikan selalu berhubungan dengan cara/metode-metode baru dalam memberikan materi pengajaran atau mengelola media pembelajaran. Tapi selain itu, ternyata ada juga inovasi yang dapat dilakukan dalam hal penanganan / pengelolaan pendidikan, seperti inovasi manajemen dan keorganisasian lembaga pendidikan.

    Untuk selanjutnya, mohon lebih diterangkan lagi mengenai teknis-teknis berinovasi dalam bidang pendidikan, agar kita tidak selalu terpaku kepada konsep, tapi bisa lebih berorientasi kepada praktek.

    Semoga melalui perkuliahan online ini, pengetahuan kita mengenai Inovasi Pendidikan, terutama teknis-teknisnya, bisa semakin bertambah, untuk diterapkan nanti saat kita bekerja di bidang garapan kita masing-masing, dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

    Terima Kasih.

  3. Assalamualikum…
    Materi kedua pada sistem ONline ini (inovasi pada level makro dan mikro) lebih singkat tapi isinya cukup padat dan mudah dicerna…
    Setelah membaca dan mempelajarinya saya semakin tahu bahwa inovasi dalam pendidikan juga layaknya sistem-sistem yang lain yaitu memiliki cakupan mikro dan makronya.
    Tadinya saya ingin bertanya, tapi rasanya saya cukup mengerti. Sekali lagi terima kasih untuk dosen inovasi pendidikan, Pak Asep. Terimakasih juga buat pengelola blog ini…
    Wassalamualaikum…
    SUKSES UNTUK KITA SEMUA

  4. sekali lagi bisa ngak minta materi inovasi yang lebih spesifik karena itu bentuknya lebih general, kalo masih gitu gimana saya bisa ngerjain UAS

  5. inovasi yang di bahas pada pertemuan kedua ini tentang level makro dan mikro kalau menurut pandangan saya level makro itu pembahasannya secara umum seperti pada keterangan terdapat 2 kategori antara lain inovasi manajemen dan organisasi, Setelah level makro tersosialisasikam dengan baik baru menuju pada level mikro yaitu garapan secara khususnya.

  6. Berarti inovasi tingkat mikro hanya mencakup pengelolaan sekolah saja. kemudian apa saja yang menjadi persamaan dan perbedaan diantara inovasi tingkat makro dan mikro ?
    terima kasih…

  7. met siang pak asep suryana, komentar saya setelah membaca materi yang bapak berikan inovasi pendidikan di bagi menjadi 2 level yang pertama Makro atau tingkat besar dan yang kedua dalam tingkat kecil atau Mikro. dalam tingkat Makro terdiri dari manajemen, organisasi dll, dalam manajemen fungsinya di jalankan dengan baik karena dalam manajemen terstruktur alurnya (planning, organisasi, actuating, dan control). dan dalam organisasi di kelola secara kelembagaan. tingkat Mikro lingkupnya dalam bidang sekolah.

  8. Menurut saya, jika dilihat dari sistemnya, inovasi dibagi menjadi dua tingkat, yaitu: makro dan mikro. ruang lingkup makro lebih luas dibandingkan dengan mikro, dimana pada tingkat makro, inovasi dikelola dan dimanage secara kelembagaan (dalam ruang lingkup yang lebih luas) dalam struktur yang skematik, sedangkan pada tingkat mikro, inovasi hanya dikelola oleh pihak tertentu saja (ruang lingkup sederhana).

  9. Penjelasan mengenai materi inovasi pada perkuliahan ke dua ini minim sekali ditambah dengan power point yang biasa saja dan lebih kurang lagi dari yang kemarin. Dilihat dari materi juga hanya merupakan inti-intinya saja aapakah tidak bisa untuk ditambah sedikit saja mengenai materi tersebut.

  10. Pada inovasi organisasi ada poin ramping struktur,kaya fungsi Maksud dari pernyataan itu bagaimana?. pada inovasi mikro ada inovasi dalam kerangka pengelolaan sekolah.Hal itu bergantung pada inovatornya yaitu kepala sekolah dan guru. Sekarang ini inovasi dalam kerangka pengelolaan sekolah sudah tidak begitu nampak. karena setiap sekolah kebanyakan menggunakan sistem pengelolaan yang sama seperti proses asministrasi. jika proses administrasi dilakukan melalui online bukankah akan lebih memudahkan. sayangnya hanya sedikit sekolah yang dilengkapi fasilitas tersebut. dengan kata lain inovasi tingkat mikro belum dapat dijalankan sepenuhnya

  11. ass, pada perkuliahan kedua ini materinya kurang dijabarkan secara detail,dari materi tersebut bahwa inovasi mempunyai dua level yaitu makro dan mikro pada tingkat makro terbagi dua yaitu inovasi manajemen dan inovasi organisasi sedangkan pada tingkat mikro yaitu pada tingkat sekolah.

  12. penjelasan materi kuliah kali ini minim sekali. mengenai materi kali ini, saya tidak mengerti sama sekali. mohon penjelasan lanjutan yang lebih jelas akan materi ini. terima kasih

  13. Materi pada perkuliahan ini,kurang saya mengerti..kurang lengkap,terlalu sedikit penjelasannya. saya harap Bapak mengirimkan materi yang lebih lengkap dan mudah dimengerti..

    TerimaKasih..

  14. assalammualaikum….
    Bapak, saya kurang mengerti tentang Inovasi Mikro dan makro yang Bapak tulis dalam blog ini
    Kurang jelas, Pa..
    Tolong dijelaskan secara lebih rinci lagi ya Pa
    terimakasih
    wassalam..

  15. Komentar Saya terhadap Materi Kedua ini adalah lebih condong kearah pembagian jenis-jenis inovasi kepada dunia pendidikan.inovasi makro lebih memusatkan kepada lembaga pengolahan pendidikan itu sendiri sedangkan inovasi mikro lebih kepada hal yang lebih khusus dalam persekolahan.

  16. NAMA : FARIZ EKA NURFUAD
    NIM : 0604225
    JURUSAN : TEKNOLOGI PENDIDIKAN / TIK

    Assalamualaikum wr wb.

    Sebelumnya saya memohon maaf akan komentar saya ini. Materi perkuliahan Inovasi Pendidikan yang ke-2 ini (tentang Inovasi Pendidikan Makro dan Mikro), saya anggap kurang jelas dilihat dari kelengkapan penyajian materinya. Walaupun mungkin, penyaji materi tersebut sudah memberikan materi ini secara garis besarnya saja terlebih lagi melalui blog / e-learning. Akan tetapi saya sangat berterimakasih kepada Bapak Asep selaku dosen pembimbing mata kuliah ini (Inovasi Pendidikan) ” SEMOGA SUKSES Pak’Asep.. AMIN ” dan kepada teman-teman Tekpend 2006. TERUSLAH BERJUANG KAWAN..!!!
    Terimakasih.

    Wassalamualaikum wr wb.

  17. Ass………….:)
    Sistem adalah proses totalitas dari beberapa komponen yang saling terkait dan berinterelasi menunjang dan mendukung untuk mencapai tujuan. Mengapa inovasi pendidikan dikatakan sebagai suatu sistem? Apa perbedaan inovasi bidang garapan (makro) dan bidang garapan (mikro)? Apa saja jenis (contoh) inovasi management, organisasi, kebijakan, bidang garapan, siswa, biaya, tenaga, dan husemas?

  18. saya mau nanya maksudnya inovasi fungsi – fungsi management itu berdasarkan secara umum atau seca khusus karena tidak ada keteranganya kalau bisa di jelaskan secara rinci !!!!!!!!!!!!!!!

  19. maaf ini menayakan sekali lagi boleh kan
    seperti apa pengembangan inovasi di dalam organisasi di sana sudah dijelaskan sedikit tolong tambah penjelasanya

  20. Ass
    Nama : M.dessis p
    Nim : 0607464
    Kelas : Tik

    Chapter 2:
    Maaf pak saya kembali ke bahan yang pertama saya masih agak bingung dari materi yang pak asep berikan!!!! Dikarenakan maaf ya pak saya kurang bias mencerna nya. Ok lanjut
    Inovasi makro dan mikro, pak asep POAC itu apa? Inovasi dalam bidang garapan nya baik makro n mikro adalah tergantung variasi dari innovator, misal inovasi dalam tingkat mikro khusus (pengelolaan kelas) akan kah inovasi dpt berjalaan lancar , maka diperlukan strategi dalam inovasi menurut sumber bacaan saya yang ditulis H.Udin Saefudin Saud dan Drs.Ayi suherman 4 macam strategi inovasi yaitu :
    1. strategi Fasilitatif
    2. Strategi pendidikan
    3. Strategi Bujukan
    4. Starategi Paksaan
    Menurut bapak apakah perlakuan pemberian inovasi pada bidang makro atau mikro dapat disamakan?? Karena menrut saya banyak pemberian inovasi dalam bidang 1 dengan yg lain harus beda?? Tergantung karakteristik bidang garapan nya….terimakasih wss

  21. Ternyata inovasi harus ada bukan hanya untuk bidang2tertentu saja, tapi inovasi juga harus ada dalam sistem makro dan mikro.yang termasuk dalam sistem makro: seperti inovasi manajemen, inovasi dalam sistem pengelolaan pendidikan, dan fungsi-fungsi manajemen dijalankan dengan baik (poac),inovasi organisasi, inovasi dalam tata kelola secara kelembagaan, ramping struktur kaya fungsi, pengembangan setiap fungsi yang ada dalam struktur secara skematik, yang termasuk inovasi dalam sistem mikro: inovasi dalam kerangka pengelolaan sekolah, bidang garapan dalam sekolah (kurikulum, siswa, biaya, fasilitas, tenaga, husemas) seperti contoh pengelolaan fasilitas. Fasilitas, termasuk sarana dan prasarana pendidikan, tidak bisa diabaikan dalam proses pendidikan khususnya dalam proses belajar mengajar. Dalam pembahruan pendidikan, tentu saja fasilitas merupakan
    hal yang ikut mempengaruhi kelangsungan inovasi yang akan diterapkan.Tanpa adanya fasilitas, maka pelaksanaan inovasi pendidikan akan bisa dipastikan tidak akan berjalan dengan baik, terutama fasilitas belajar mengajar merupakan hal yang esensial dalam mengadakan perubahan dan pembahruan pendidikan. Oleh karena itu, jika dalam menerapkan suatu inovasi pendidikan, fasilitas perlu diperhatikan. Misalnya ketersediaan gedung sekolah, bangku, meja dan sebagainya.
    Inovasi dalam pengelolaan kelas, bagaimana guru menjadi inovator untuk menjadikan suasana kelasnya menjadi menyenangkan sehingga siswa mampu mengeluarkan potensi sesuai dengan kemampuannya, bagaimana seorang guru menjadi inovator dengan menggunakan media sebagai metode untuk belajar sehingga lebih memotivasi siswa dan lebih menarik perhatian siswa

  22. Dari power point yang telah disajikan saya berpendapat bahwa inovasi pendidikan merupakan bagian dari inovasi yang merupakan suatu system atau kesatuan yang terdiri dari makro dan mikro. Inovasi pendidikan makro merupakan inovasi pendidikan yang cakupannya lebih luas seperti inovasi dalam kerangka pengelolaan pendidikan yang mana pengelolaan itu berasal dari kata manajemen. Inovasi pendidikan makro meliputi inovasi manajemen yaitu memage, mengatur dan mengelola secara keseluruhan system pendidikan yang disesuaikan dengan fungsi-fungsi manajemen yang dijalankan dengan baik (POAC), dan inovasi organisasi yaitu mengelola kelembagaan yang kaya fungsi kemudian mengembangkan setiap fungsi yang ada dalam struktur kelembagaan secara sistematik, menentukan kebijakan, bidang garapan dalam pendidikan yaitu membuat putusan, membuat rencana, mengorganisasikan, mengkomunikasikan, mengkoordinasikan, mengawasi, dan menilai segala program-program atau aktivitas-aktivitas suatu lembaga khususnya lembaga pendidikan
    Sedangkan Inovasi Pendidikan mikro adalah inovasi pendidikan yang cakupannya lebih sempit dan merupakan cabang, bagian atau turunan dari inovasi pendidikan makro. Yaitu seperti inovasi dalam kerangka pengelolaan sekolah. Bidang garapan dalam sekolah yaitu kurikulum, siswa, biaya, fasilitas, tenaga, husemas (hubungan sekolah dengan masyarakat). Selain bidang garapan yang tertera di power point ada bidang garapan dalam sekolah yang belum disebutkan yaitu program pengajaran, keuangan, peralatan, guru, perlengkapan, gedung sekolah, dan personil sekolah selain itu juga ada Human Element (unsur-unsur manusia): siswa, orang tua, para guru, dan para personil sekolah lainnya, dan Material Element (unsur-unsur kebendaan), antara lain uang, gedung, ide-ide, prinsip-prinsip, peraturan-peraturan, dan lain-lain.

  23. Bagian Inovasi pada Level Makro dan Mikro

    Tingkat Makro
    Luas garapan inovasi pada level makro, terbagi atas dua katagori inovasi organisasi dan manajemen. pada organisasi cakupannya lebih luas atau dengan kata lain, pada organisasi yang membawahi inovasi mikro. inovasi disini menekankan sistem pengelolaan, pada level inipun inovasi dilakukan pada manajemen organisasi tersebut.

    Tingkat Mikro
    inovasi disini terjadi pada organisasi yang lebih kecil, contohnya sekolah, semua komponen sistem sekolah yang mengalami inovasi dikatagorikan pada ntingkat mikro

    Jadi dengan kata lain, sebagai contoh inovasi makro terjadi pada lembaga pendidikan yang besar seperti Depdiknas, sedangkan mikro bagian dari depdiknas tersebut misalnya sekolah.

  24. tingkat makro yang berkenaan dengan (inovasi manajemen dan organosasi( dan tingkat mikro yang berkenaan dengan (kurikulum, fasilitas etc). menurut pendapat saya ini merupakan hubungan antara hardware dan software dalam pendidikan. tingkat makro dan mikro merupakan dua hal yang yang mempengaruhi satu sama lain, dengan adanya kedua tersebut sistem dalam pendidikan akan lebih baik dan terkoordinasi menjadi suatu inovasi yang bisa dibanggakan.

  25. bisa di jelaskan inovasi pada sistem makro yang pada point ke 3(kebijakan) seperti apa
    dan perbedaan apa antara sistem makro yang bidang garapan dan sitem mikro pada bidang garapan pula?

  26. Inovasi dalam sistemnya di bagi menjadi tingkatan makro dan mikro. Makro dalam arti luas yang meliputi manajemen dan Organisasi. manajemen dimana di sini inovasi manajemen pendidikan sekolah merupakan salah satu faktor yang memberikan kontribusi kepada peningkatan mutu pendidikan yang bersifat inovatif. Terutama dalam peningkatan mutu manajemen sekolah yang efektif. sedangkan Organisasi adalah inovasi yang ditata secara kelembagaan ini mengelola dan mengembangkan pengaturan sekolah yang berkaitan dengan kualifikasi, prosedur kerja, petunjuk kerja, dsb. serta melakukan analisis kelembagaan kerja yang efisien dan efektif serta menyusun sistem administrasi sekolah. Sedangkan dalam Tingkatan Mikro adalah inovasi kerangka pengelolaan dimana bidang garapannya meliputi kurikulum, dimana sekolah memfasilitasi untuk membentuk dan memberdayakan pengembang kurikulum, juga dimana sekolah memberikan pelayanan dan fasilitas yang memadai bagi siswanya, tenaga pengajar yang profesional, dan mencari dukungan dari masyarakat untuk perkembangan sekolah serta ikut melibatkan peran serta orang tua siswa.

  27. Inovasi sangat luas tidak hanya pada pendidikan saja, pada materi ini inovasi terbagi menjadi dua tingkat yaitu makro dan mikro. tingkat makro yaitu pada pendidikannya sedangkan tingkat mikro sudah khusus yaitu pada sekolah. Sekolah sebagai “Mini Society” mengandung pengertian bahwa sekolah merupakan kelompok masyarakat kecil yang didalamnya memiliki karakteristik tertentu sebagai manifestasi dari kehidupan setiap anggota masyarakat tersebut. sehingga adanya inovasi di sekolah sangat mudah sampai pada masyarakat karena sekolah memang untuk masyarakat. sekolah bisa dikatakan juga sebagi suatu sistem karena ada input-proses-output, yang merupakan suatu kesatuan dalam pendidikan

  28. assss,……..
    pak sebenarnya saya kurang mengerti dari materi di atas yang berbentuk bagan. tapi saya dapat mengambil sedikit maksud yang mudah-mudahan mengarah kesana. jadi inovasi itu bisa dikatakan solusi di lihat dari nilai kemanfaatannya, ya hasilnya diharapkan dapat menanggulangi masalah-masalah yang hadir saat ini.inovasi dalam pendidikan lebih menitik beratkan pada pengelolaan pendidikan baik itu bersifat makro ataupun mikro.

  29. as, jadi kalau misalkan guru berinovasi dalam metode atau model penyampaian itu hanya bagian kecil dari inovasi pada level mikro, jadi inovasi lebih kesistemnya dong………..?

  30. Organisasi adalah tempat orang berkumpul untuk mencapai tujuan bersama. Dalam organisasi berkumpul orang-orang yang memiliki visi yang sama. Sekolah sebagai salah satu organisasi pendidikan tentunya juga mempunyai visi dalam mencapai tujuannya. Salah satu proses inovasi dalam organisasi adalah komprehensi yakni proses dimana organisasi menentukan apakah kegiatan inovasi sesuai dengan tujuan organisasi. Inovasi yang akan dilakukan disekolah pun harus sesuai dengan program-program yang dijalankan oleh sekolah itu dan hasil apa yang ingin dicapai dari proses inovasi tersebut.

  31. inovasi sangat diperlukan didunia pendidikan baik pada pendidikan foramal maupun non formal

    Dengan adanya inovasi pada sistem pendidikan maka pendidikan itu akan mengalami dua hal yaitu kemajuan atau kemunduran dalam hal ini bagaimana instansi dalam pendidikan itu dapat memanage sekuruh kegiatan, orang dalam pendidikan. oleh karena itu manajemen harus berjalan dengan baik

    Organisasi harus bisa merangsang para pelaku pendidikan khususnya siswa untuk ikut aktif dalam organisasi yang dibentuk institusi sekolah sehingga kemampuan siswa dapat muncul dan mungkin akan menjadi seorang inovator

    inovasipun harus dilakukan dari segi kurikulum yang akan digunakan supaya pelajaran yang akan disampaikan sesuai dengan keadaan jaman

    intinya inovasi baik itu pada sistem makro dan mikro sangat penting dan saling keterkaitan satu sama lainnya

  32. Cakupan inovasi sistem pendidikan pada tingkat makro maupun mikro.

    Dalam materi dijelaskan bahwa pada level makro inovasi meliputi:

    - INOVASI MANAJEMEN

    > Inovasi dalam sistem pengelolaan pendidikan;
    > Fungsi-fungsi manajemen dijalankan dengan baik (POAC).

    - INOVASI ORGANISASI

    >Inovasi dalam tata kelola secara kelembagaan;
    >Ramping struktur, kaya fungsi;
    >Pengembangan setiap fungsi yang ada dalam struktur, secara skematik.

    dari materi yang singkat ini saya ingin bertanya apa sih sebenarnya yang dimaksudkan dengan “POAC” dalam manajemen pendidikan.

    Moga teman teman lain bisa membantu …

  33. inovasi terbagi 2 yang setiap bagiannya masing – masing mempunyai ciri-ciri tersendiri danfungsinya masing – masing yang saling terkait dalam kehidupan nyata baik secara masyarakat maupun individual

  34. ass…
    komentas saya tentang isi materi dalam perkuliahan kedua melalui blog ini adalah, saya merasa tidak adanya penjelasan secara gamblang/ rinci tentang materi yang disajikan. menurut saya itu hanya garis besarnya saja. namun dengan sajian materi yang seperti ini menimbulkan rasa keingin tahuan saya tentang sistem inovasi yang di bagi menjadi dua yaitu makro dan mikro.

  35. komentarnya adalah bahwa dalam inovasi itu terdapat 2 tingkatan yaitu inovasi tigkat makro (umum) dan tingkat mikro (khusus/kecil).

  36. setelah saya baca materi yang kedua in, ternya bahasannya sangant sedikit dan sempit!!!!
    mengenai penerapan inovasi pendidikan, yakni secara makro dan mikro,
    secara makro, seperti manajemen, organisasi, kebijakan. dan skala mikro, seperti disekolah.
    tapi menurut saya penjelasannya sederhana dan mudah dipahami.
    terimakasih!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  37. isi comment saya pada materi kedua di blog inovasipendidikan.wordpress.com Yaitu suatu inovasi merupakan suatu system yang harus direncanakan sebelumnya secara sengaja agar suatu inovasi tersebut bermanfaat untuk semua masyarakat dalam berbagai bidang termasuk di dalamnya pendidikan..
    inovasi makro adalah inovasi yang dilakukan secara sengaja dan matang contohnya dalam inovasi manajemen termasuk di dalamnya inovasi pengelolaan pendidikan yang menganut azas POAC. Sedangkan inovasi mikro sesuai dengan bidang garapannya.

  38. saya setuju bahwa inovasi merupakan suatu system karena didalamnya terdapat komponen yang saling berkaitan, selain itu suatu inovasi segala sesuatu yang di planningkan sebelumnya hanya terdapat perbedaan antara bidang garapannya yaitu makro dan mikro. Perbedaannya terdapat pada bidang garapannya. Makro secara luas, mikro secara khusus.

  39. Ass.wr.wb

    Berdasarkan penjelasan materi diaatas, berarti cakupan inovasi dalam suatu bidang yang namanya pendidikan hanya mencakup manajemen dan organisasinya, bagaimana dengan aspek yang lain?seperti produk, bahan ajar dan sebagainya, sesuatu yang lebih nyata, tidak begitu abstrak,,

    atau mungkin jika suatu manajemen dan organisasi sudah mengalami inovasi berarti akan berdampak pada produk yang dihasilkan???

    terimaksih..

    wassalam

  40. aHp HADIR….
    Inovasi makro cenderung ke bidang organisasi dan levelnya lebih luas, sedangkan inovasi mikro cenderung lebih sempit, yaitu pada sekolah.

    mangapa organisasi tergolong inovasi makro ?
    dan
    mangapa sekolah tergolong inovasi mikro ?

    itu karena cakupan bidang garapannya

  41. Ass…
    pada materi ke-2 ini disajkan materi mengenai inovasi pada level makro dan mikro. dimana, garapan makro dan mikro jelas berbeda.
    sistem merupakan sesuatu yang sangat berperan dalam proses penunjang tujuan yang ingin dicapai. jelas terlihat bahwa jika sistem sangat berpengaruh dalam tujuan suatu inovasi. suatu inovasi tidak akan menemukan apa yang ingin diperoleh tanpa adanya kinerja dari sistem yang baik. jika berbicara masalah sistem, kita juga kan berbicara mengenai input-proses-output. input yang baik, kemudia diproses secara baik, maka akan menghasil output (inovasi) yang baik pula.
    bidang garapan makro lebih luas dari mikro. jika bidang garapan makro mencakup inovasi manajemen dan organisasi, maka garapan mikro hanya mencakup inovasi di tingkat sekolah.
    wass..

  42. Inovasi makro dapat dikatakan sebagai Inovasi dalam lingkup luas yang tertata dan termanage secara teratur.Fungsi planning, organizing,actuating, dan Controlling dijalankan dengan baik dan terstruktur.
    Inovasi mikro dapat dikatakan sebagai Inovasi dalam lingkup yang sempit. Proses Inovasi sudah teratur dan terarah. Akan tetapi Fungsi planning, organizing,actuating, dan Controlling kurang dijalankan dengan baik dan terstruktur.

  43. Hal yang selalu menjadi perhatian banyak orang yakni karena adanya suatu inovasi pendidikan, yang dari zaman ke zaman mengalami perubahan yang sangat pesat dan selalu menuju kearah yang lebih baik. Didalam menciptakan sesuatu hal hendaknya kita harus menentukan terlebih dahulu seperti yang telah tertera pada power point perkuliahan yang kedua ini. Didalam power point tersebut tertulis bahwa sebuah inovasi itu dapat dibedakan kedalam dua jenis, makro dan mikro. Sudah terlihat jelas bahwa inovasi makro dan mikro itu mempunyai makna bahwa Inovasi menjadi suatu keharusan yang mesti dilakukan agar keberadaan pemerintah menjadi bermakna di mata rakyatnya Inovasi tidak hanya penting untuk meningkatkan kualtias pelayanan tetapi juga untuk meningkatkan kapabilitas pemerintah. Fokus perhatian terhadap inovasi saat ini masih condong pada sisi teknologi padahal inovasi juga mencakup pada bidang organisasi, pendidikan dan praktek administrasi. Dengan begitu kita selaku mahasiswa hendaknya kita sama-sama menciptakan inovasi baru untuk membangun pendidikan atau yang lainnya kearah lebih baik lagi. ya ya

  44. menanggapi perubahan inovasi dalam pendidikan, tidak akan pernah lepas dari masalah sekolah, baik secara makro dan mikro. Semua perubahan inovasi pada zaman sekarang hanya terfokus pada masalah perekonomian bangsa yang menjadi tonggak perubahan secara keseluruhan. Padahal modal perubahan tersebut terletak pada inovasi pendidikan kita. Secara makro, yang terdiri dari manajemen, organisasi, suatu kebijakan dan bidang garapan sangat dibutuhkan di dalam perubahan tersebut. Secara keseluruhan keempat proses tadi sudah baik dijalankan, Walaupun dalam mengambil suatu kebijakan pemerintah sangat lamban hingga membuat suatu yang membuat program inovasi berjalan mandek.

  45. assalammualaikum.
    dalam materi ini saya meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada bapak pembimbing mata kuliah karena sangat terlambat dalam mengirimkan comment.

    secara sepintas dalam materi yang disajikan melalui file berbentuk powerpoint presentation yang dimuat di blog ini, saya mengambil kesimpulan bahwa inovasi dalam pendidikan ternyata memiliki beberapa macam hal ini tidak terlepas pula dari penggolongan-penggolongan metode dan segala hal dan dalam materi ini saya melihat bahwa inovasi yang dibahas berlandaskan pada tujuan pendidikan di Indonesia.

    tujuan pendidikan apabila kita lihat menurut luas cakupannya ada tujuan secara makro dan secara mikro. secara makro berarti tujuan secara nasional seperti ang tertera dalam undang-undang dasar dan undang-undang sisdiknas. sedangkan tujuan secara mikro berarti tujuan pendidikan yang lebih spesifik dan cenderung lebih menitikberatkan kepada makna pendidikan secara praktis yaitu proses pembelajaran dimana dalam hal ini tentu saja yang berperan dalam proses pembelajaran adalah sekolah dan sekala perangkat yang ada didalamnya baik itu perangkat Sumber Daya Manusianya maupun peralatan pendukungnya.

    dalam inovasi pendidikan secara makro memang lebih tepat jika difokuskan kepada sistem manajerial atau organisasi sistem pendidikan di Indonesia, karena dalam tujuan pembelajaran makro segala sesuatu mengenai tujuan belajar menjadi lebih luas dan tentu saja berkaitan langsung dengan perencanaan suatu negara. sehingga teknis dilapangan akan sangat ditentukan oleh suatu kesempurnaan managerial ang ada di dinas pendidikan nasional.

    sedangkan dalam inovasi pendidikan mikro, tentu saja tidak akan melenceng dari suatu kebijakan dari sekolah tersebut. dan apapun itu harus ang berkaitan dengan pembelajaran secara teknis di sekolah seperti kurikulum, biaya sekolah, fasilitas pendukung pembelajaran, dan tentu saja siswa itu sendiri.

    dengan adanya inovasi pendidikan yang dibedakan secara makro dan mikro, tentu saja terbersit suatu harapan mengenai peningkata kualitas dari mutu pendidikan di Indonesia. Karena dengan adanya pengclusteran ini, setiap ahli pendidikan akan membuat suatu inovasi secara sistemis dan teratur disebabkan telah difokuskannya bidang garapan mana yang harus di berikan suatu perubahan yang positif dan bermanfaat untuk pendidikan di Indonesia.

    semoga comment ini bisa bermanfaat, wallahualam bissawab.

  46. Komentar saya terhadap perkuliaha kedua ini adalah:
    inovasi ternyata merupakan suatu sistem yang memiliki dua pengelompokan / bidang yaitu makro dan mikro.
    Sistem makro lebih bersifat umum dan luas, masalahnya lebih kompleks. Sedangkan mikro berdifat lebih terfokus dan khusus terhadap suaru hal.

    Yang saya tanyakan, apa karakteristik yang lebih spesifik terhadap kedua tersebut? dan apa saja problem yang dihadapi dalam apklikasinya?
    Terima Kash

  47. ass…

    Dalam Inovasi ada terdapat suatu sistem yang didalamnya terdapat dua tingkatan yaitu tingkatan MIKRO dan MAKRO.

    dalam tingkatan Makro cakupannya lebih luas, seperti sesuatu yang berhubungan dengan MANAJEMEN dan ORGANISASI. sedangkan tingkatan MIKRO cakupannya lebih sempit, salah satu contohnya adalah sekolah.

    tapi pak dari materi di atas tidak di sebutkan contohnya.
    bisa bisebutkan contoh inovasi dalam tingkat MAKRO dan MIKRO?

  48. inovasi yg hrus dkmbangkn dalam saat ini adalah sekolah krena dngan pngembangan mutu skolah yg lebih baik setidakny mutu pndidikn di kita akan baik pula.

  49. ass…
    daam maeri yang kedua inimembahas inovasi pada level makro dan mikro.
    Mikro merupakan bidang garapan yang ada dalam inovasi,sedangkan makro adalah manajemen organisasi ruang lingkup makro lebih luas dibandingkan dengan mikro.
    Stu hal ang ingin saya tanyakan adakah perbedaan dmikro dan makro??????? trimakasih…wasalam

  50. Inovasi adalah perubahan system, yang berkaitan dengan bagaimana suatu inovasi itu terjadi. Nah,di sini ada unsur keputusan yang mendasarinya. Ada makro dam mikro.oleh karena itu proses inovasi dapat dimaknai sebagai proses pengambilan keputusan untuk langkah memperbaharui.

  51. dari uraian yang dapat saya pahami, bahwa dalam inovasi pun ternyata mempunyai sistem sendiri dalam perkembangan nya.
    namun pada tahap makro, inovasi dilakukan dalam segala hal (secara umum)
    dan pada tahap mikro inovasi bergerak di dalam lingkup lebih kecil seperti sekolah…

    namun, dalam inovasi makro maupun mikro, kecenderungan dalam berinovasi belum bisa saya sebut sebagai inovasi untuk saat ini, karena hanya melihat dan mencontoh dari sistem yang sudah ada. apakah hal tersebut bukan berinovasi?

    (pa, maaf saya telat memberikan komentar dan absennya…terima kasih)

  52. Asalamuallaikum wr.wb.

    Opini saya mengenai Inovasi Mikro-Makro itu merupakan sesuatu hal yang “absurd”, saya lebih setuju bahwa inovasi itu satu, tidak ada pengelompokan, agar lebih bersifat murni,jujur, dan terjaga keorisinalitasanya.Beuh..
    mungkin hanya itu saja yang saya komentari karna materinya juga sedikit.

    wss,,

  53. KALO menurut saya inovasi makro lebih luas bidang garapannya daripada inovasi mikro dmana keduanya sangat berbeda
    kecenderungan inovasi makro adalah dalam sebuah organisasi atau manajemen
    sedang inovasi mikro cenderung pada sebuah sekolah yang bidangnya sempit tidak luas

  54. pada materi perkuliahan kedua ini saya tidak dapat mengerti dengan baik,namun dapat saya simpulkan sedikit bahwa
    materi ini membahas inovasi pada level makro dan mikro.
    Mikro merupakan bidang garapan yang ada dalam inovasi,sedangkan makro adalah manajemen organisasi ruang lingkup makro lebih luas dibandingkan dengan mikro.
    Sekian saja komentar saya pada mata perkuliahan ke dua ini.terimakasih

  55. saya kurang mengerti pada materi kedua ini..tapi bisa sedikit saya simpulkan bahwa dalam materi yang kedua inimembahas inovasi pada level makro dan mikro.
    Mikro merupakan bidang garapan yang ada dalam inovasi,sedangkan makro adalah manajemen organisasi ruang lingkup makro lebih luas dibandingkan dengan mikro. sekian sedikit materi yang bisa saya tangkap..apabila ada keterlambatan pengiriman response..saya mohon maaf kepada bapak.


Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: